Mahasiswi MPBI ikuti Lokakarya Kamus Kemaritiman Bahasa Aceh

Aceh Besar—Mahasiswi MPBI Angkatan 2021, Asriyuna, S.Pd. mengikuti Lokakarya Kamus Kemaritiman Bahasa Aceh selama empat hari mulai tanggal 23 s.d. 26 Agustus 2021 di Permata Hati Hotel and Convention Center.

“Peserta yang hadir berprofesi sebagai nelayan yang berasal dari Kabupaten Aceh Barat, Aceh Timur, dan Lhokseumawe serta pelbagai akademisi. Kegiatan ini merupakan tahap lanjutan dari inventarisasi kosakata bahasa Aceh bidang kemaritiman yang telah dilakukan sebelumnya oleh Balai Bahasa Aceh. Kegiatan  ini diharapkan dapat menghimpun dan memvalidasi keragaman kosakata bahasa Aceh bidang kemaritiman,” ujar Kepala Balai Bahasa Aceh, Karyono, S.Pd., M.Hum., saat pembukaan kegiatan Lokakarya Kamus Kemaritiman Bahasa Aceh.

Adapun beberapa pemateri dari instansi yang dihadirkan untuk membahas mengenai kosakata bidang kemaritiman yaitu Dinas Kelautan dan Perikanan membahas kosakata ranah pemerintahan, Badan Perikanan Budidaya Air Payau membahas kosakata kemaritiman ranah perikanan, Pengawas Sumber Daya Kelautan dan Perikanan Lampulo membahas kosakata kemaritiman ranah sumber daya kelautan, Balai Bahasa Aceh membahas ranah kebahasaan, serta Fakultas Kelautan dan Perikanan USK dan Prodi Magister Pendidikan Bahasa Indonesia FKIP USK membahas bidang literasi kemaritiman.

Asriyuna mengatakan, “Ini pengalaman yang berharga bagi saya, karena mendapat kesempatan membantu memperbanyak kosakata bahasa Aceh bidang kemaritiman. Semoga kamus bahasa Aceh bidang kemaritiman ini dapat segera diterbitkan dan dapat digunakan sebagai bahan referensi bagi mahasiswa Prodi Magister Pendidikan Bahasa Indonesia FKIP USK”. (doc.26/8/2021)

Mari Bergabung Bersama Kami. MPBI “Membangun Generasi Literasi!”

Share

Tinggalkan Balasan